Ramadhan dan TV | ahmadsarwat.com

Ramadhan dan TV

Sun 15 August 2010 00:00 | 21291

TV IQRA berisi ceramah dari para ulama besar dunia yang selama ini mungkin hanya kita kenal lewat tulisan mereka. Dr. Yusuf Al-Qaradawi, Dr. Abdullah Muslih, Dr. Wahbah Az-Zuhaily sampai Aidh AL-Qarni yang bukunya best seller itu, bisa kita lihat berceramah lewat parabola yang kita tembak ke beberapa satelir seperti Arabsat 2B/4B – Nilesat 101- Hotbird 8 – Asiasat 2 – Anik F3. Semua free alias gratis tanpa harus bayar. Syaratnya, punya antena parabola. Dan juga punya pesawat televisi tentunya. Sekali pasang parabola, seterusnya kita bisa tonton program yang bermanfaat dari stasiun ini tanpa ada biaya bulanan dan tetek bengeknya. Oh ya, syarat satu lagi yang amaaaat penting, Anda -maaf- harus paham bahasa Arab. Sebab TV milik Syarikah I`lamiyah Arabiyah ini memang berbahasa Arab, kecuali untuk beberapa program seperti Fiqhul-hayah yang dibawakan oleh Dr. Yusuf Al-Qaradawi, yang diberi sub-title (teks terjemahan) dalam bahasa Inggris. Kita bisa mengaji langsung setiap hari selama Ramadhan kepada nara sumber yang berkualitas dan berlevel dunia lewat tayangan yang bisa ditangkap di hampir semua negara di dunia, termasuk Indonesia. Pemilik TV ini mengatakan bahwa 80% wilayah di permukaan bumi ini bisa menangkap siaran TV tersebut. Konten Yang Unik Berbeda dengan konten materi TV kita yang selama Ramadhan tidak lebih hanya memoles penampilan luar saja, TV Iqraa nampak sangat serius berkonsentrasi untuk menyebarkan iman, ilmu dan wawasan syariah Islam. Beragam ilmu keislaman digelar di TV ini. Semua disampaikan oleh para nara sumber yang sangat menguasai bidangnya. Bukan ustadz palsu model di TV kita yang kebanyakan hanya memanfaatkan ketenaran artis insyaf, lalu didapuk jadi penceramah. Di TV Iqraa, mereka yang jadi nara sumber adalah orang-orang yang secara keilmuwan bergelar profesor dan doktor serta dikenal di seluruh dunia Islam. Fiqih Kehidupan bersama Yusuf Al-Qaradawi Setiap hari selama bulan Ramadhan, dengan bangga Iqraa TV menayangkan Dr. Yusuf Al-Qaradawi dalam program yang diberi nama Fiqih Kehidupan (fiqhul hayah). Diformat dalam bentuk dialog yang hidup, program ini sangat membuka wawasan. Tahsin Tilawah Ada juga program Al-Itqan fi tilawatil Quran yang dipandu oleh ustadz Dr. Ayman Rusydi Suwaid. Esensinya mengajarkan cara membaca Al-Quran dengan sempurna, sesuai riwayat qiraat yang mutawatir dari Rasulullah SAW. Dr. Aidh Al-Qarni Sosok yang selama ini kita kenal cuma lewat buku-buku best sellernya, kali ini dapat kita saksikan langsung berceramah secara live lewat layar kaca. Ternyata sangat berbeda antara sekedar membaca bukunya dengan melihat langsung sosok beliau secara live. Konsultasi Syariah secara LIVE Dr. Abdullah Mushlih yang pernah tinggal di Indonesia mengajar di LIPIA, membawakan acara yang sangat menarik, yaitu tanya jawab ilmu syariah secara live. Para penanya datang di berbagai belahan dunia dengan beragam soal via telepon. Acara ini digelar setiap hari di bulan Ramadhan. Mufti Mesir Tidak ketinggalan ikut meramaikan TV Iqraa, Syeikh Dr. ALi Jum`ah, Mufti Negara Mesir. Beliau menjelaskan apa perbedaan antara seorang ahli fatwa dengan seorang ahli fiqih. Juga tentang proses pembentukan fatwa, serta adab dan etika dalam berfatwa. Afala Ta`qilun Acara ini berisi penyingkapan i`jaz ilmi yang lekat dengan berbagai penemuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi modern, sebagaimana diisyaratkan di dalam agama Islam. Sesuai dengan judulnya, Tidakkah kamu pikirkan?, acara ini sering mengisahkan bahwa tidak sedikit para ilmuwan non muslim yang akhirnya masuk Islam karena menggunakan akalnya. Dengan indah acara ini dibawakan oleh Dr. Zaghlul An-Najjar setiap hari di bulan Ramadhan. Film Salahuddin Al-Ayyubi Bukan hanya berisi ceramah, TV Iqraa juga menampilkan film seri kepahlawanan Shalahuddin Al-Ayyubi dalam bahasa Arab yang fushah. Kuis : Jalan ke Mekkah Tidak lupa TV Iqraa juga menampilkan acara yang cukup menghibur sekaligus menambah ilmu agama. Program itu diberi nama at-Thariq ila Makkah (Jalan ke Mekkah). Bentuknya mirip dengan kuis pada umumnya, tapi menjadi sangat menarik, karena pemenangnya berhak berangkat haji ke Baitullah. Apa Kabar TV Kita? Saya sudah kehabisan bahasa untuk mengomentari konten TV kita yang sudah sangat parah ini, khususnya bulan Ramadhan. Isinya terlalu banyak kepalsuan ketimbang kebenaran. Memang sih para artis TV itu berephoria dengan simbol-simbol agama selama Ramadhan. Yang biasanya pamer aurat, selama Ramadhan tiba-tiba pada pakai kerudung. Usaha yang bagus. Tapi yang paling bikin mual, begitu Ramadhan lewat, kerudung lepas, aurat udah diobral lagi. Apa bukan kepalsuan namanya? Masak sih sahur kita yang harusnya sebuah ibadah sunnah, harus ditemani acara TV yang isi para bencong yang dilaknat Allah? Huh, TV Indonesia ini, mau dibawa kemana hubungan kita? Ke laut aja deh. Mending ganti Channel secepatnya. TV Iqraa mungkin salah satu alternatifnya. Kita bukan sekedar nonton TV, tetapi lebih dari itu, kita malah bisa mengaji, belajar dan mendapat ilmu yang bermanfaat. Tapi tetap saja ada yang komplein bilang gini, ustadz sih enak bisa bahasa Arab. Nah ane, bahasa Arab kagak bisa, parabola kagak punya, yang ada sinetron doang. Gimana dong? Ya, udah, matiin aja TV-nya sekalian. Itung-itung hemat listrik. Hehehe

Semua Tulisan Penulis :
Amerika : Negeri Muslim Yang Dimurtadkan (bag. 3)
7 August 2010, 00:00 | 24.138 hits
Amerika : Negeri Muslim Yang Dimurtadkan (bag. 2)
6 August 2010, 00:00 | 20.738 hits
Saatnya Mengubah Sistem Kepemimpinan
5 July 2010, 00:00 | 17.307 hits
Kunjungan ke Universitas Islam Antar Bangsa (IIUM)
22 June 2010, 00:00 | 25.467 hits
Saung Istiqamah KBRI Singapore : Fiqih Minoritas
20 June 2010, 00:00 | 20.129 hits
Mau Dirikan Khilafah? Mulailah Dari Sekarang
8 June 2010, 00:00 | 18.506 hits
Kuliah di LIPIA
6 June 2010, 00:00 | 33.120 hits
Israel vs Umat Islam
5 June 2010, 00:00 | 19.478 hits
Melawan Amerika Ala Jepang
13 March 2010, 00:00 | 18.574 hits
Ensiklopedi Fiqih Online Berbahasa Indonesia
9 March 2010, 00:00 | 25.063 hits
45 Jilid Ensiklopedi Fiqih Terlengkap
4 March 2010, 00:00 | 28.963 hits
Printing On Demand (Mencetak Buku Sebiji)
28 February 2010, 00:00 | 29.863 hits
Hukum Lelang
20 February 2010, 00:00 | 19.626 hits
Nikah Siri : Solusi Atau Intimidasi?
18 February 2010, 00:00 | 26.160 hits
Wakaf Buku Fiqih Mawaris, Mau?
13 February 2010, 00:00 | 21.543 hits
Dengar Ceramah HAMKA di Youtube
12 February 2010, 00:00 | 22.097 hits
Kitab Online Hasil Scan = Bajakan?
10 February 2010, 00:00 | 28.240 hits
Pelatihan Dasar Faraidh (PDF) di DU CENTER
22 January 2010, 00:00 | 18.876 hits
Tabel Waris,  Materi dan Buku For Free
16 January 2010, 00:00 | 24.895 hits
Iblis Liberal
26 December 2009, 00:00 | 20.796 hits
Berpindah-Pindah Madzhab
7 December 2009, 00:00 | 16.840 hits
Wakaf Ilmu :Metode Mendatangkan Pahala Abadi
12 October 2009, 00:00 | 20.425 hits
Jam Gempa & Klenik Nomor Ayat Al-Quran
8 October 2009, 00:00 | 36.336 hits
Alahumma Laka Shumtu : Hadits Dhaif?
10 September 2009, 00:00 | 25.840 hits
Ramadhan dan Polisi
7 September 2009, 12:23 | 18.671 hits
Dilemma PNS Jujur
3 September 2009, 00:00 | 20.215 hits
Ramadhan : Bulan Petasan?
26 August 2009, 00:00 | 32.685 hits
Ramadhan dan Produktifitas Kerja
25 July 2009, 00:00 | 19.445 hits
Bercermin Dengan Yahudi (2)
16 June 2009, 00:00 | 17.351 hits
Bercermin Dengan Yahudi (1)
15 June 2009, 00:00 | 19.184 hits
Masuknya Islam ke Indonesia
13 June 2009, 00:00 | 31.889 hits
Buya Hamka dan KH Abdullah Syafi`i
7 June 2009, 00:00 | 25.630 hits
Daftar Tempat Ceramah
31 January 2009, 00:00 | 27.239 hits
Hukum Musik Dalam Pandangan Syariah
31 January 2009, 00:00 | 22.183 hits
Ke Al-Jazeera Channel Doha Qatar
21 September 2008, 00:00 | 25.285 hits
Qatar Selayang Pandang
20 September 2008, 00:00 | 30.373 hits
Ceramah ke Qatar
19 September 2008, 00:00 | 19.162 hits
Tunjangan Bayi Jepang 30 Juta Per Tahun Per-anak
6 May 2008, 00:00 | 15.327 hits
Mengunjungi Hiroshima (Dakwah ke Jepang bag. 5)
5 May 2008, 00:00 | 32.980 hits
Jadwal Ceramah (Dakwah ke Jepang bag. 4)
4 May 2008, 00:00 | 24.878 hits
Masjid Kobe (Dakwah ke Jepang bag. 3)
3 May 2008, 00:00 | 15.659 hits
Islam dan Jepang ((Dakwah ke Jepang bag. 2)
2 May 2008, 00:00 | 21.597 hits
Dakwah ke Jepang (bag. 1)
1 May 2008, 00:00 | 13.557 hits
Haji Basir (bag. 2)
9 September 2007, 00:00 | 10.846 hits
Haji Basir
9 June 2007, 00:00 | 15.857 hits
Lahir di Mesir
8 June 2007, 00:00 | 17.928 hits