Ulama Mie Instan Seleraku | ahmadsarwat.com

Ulama Mie Instan Seleraku

Sat 29 March 2014 16:39 | 10764

Saya kira hampir tidak ada orang Indonesia yang tidak kenal produk makanan mie instan. Di negeri ini cukup banyak merek mie instan yang beredar dengan beragam kemasan, rasa dan ragamnya.

Mie instan adalah makanan 'ajaib', karena ada banyak kelebihannya. Yang paling utama adalah bahwa mie instan merupakan makanan yang tersedia dimana-mana, baik yang masih dalam kemasan di warung-warung, hingga warung makan yang khusus menyajikannya mie instan yang sudah dimasak.

Dulu kalau orang bikin acara syukuran di rumahnya, kepada para tamu biasanya dibagikan berkat berupa nasi uduk dan teman-temannya. Tapi di zaman modern ini, berkatnya sudah bukan lagi nasi uduk, tetapi beragam bahan-bahan mentah, salah satu yang tidak pernah ketinggalan adalah mie instan.

Setiap kali ada bencana entah itu banjir, kebakaran, gempa, tanah longsor atau pun tsunami, bantuan yang datang dari banyak pihak umumnya berupa mie instan. Entahlah, mungkin karena dianggap praktis memasaknya, cukup diseduh air panas dan siap dimakan, sehingga mie instan menjadi favorit.

Percaya atau tidak, ketika kemarin saya terbang dengan salah satu maskapai dalam negeri, salah satu menu yang ditawarkan oleh pramugari kepada para penumpang adalah mie instan. Kendaraanya keren, yaitu pesawat terbang, tapi makanannya tetap mie instan.

Malah dalam dalam iklan-iklan yang ditayangkan di televisi, sering digambarkan bahwa walaupun sudah tinggal di luar negeri, tetapi tetap saja orang Indonesia masih mencari produk mie instan kesayangan. Bawa mie instan dari dalam negeri untuk dijadikan makanan kenang-kenangan selama tinggal di manca negara. Keren sekali, bukan.

Dan jangan lupa, sekian tahun yang lalu ketika kampanye pemilihan presiden, salah satu lagu yang digubah oleh tim sukses Presiden SBY juga menggunakan lagu iklan salah satu produk mie instan. Gubahannya menjadi ....SBY seleraku. Wah, wah!

Cuma Mie

Padahal kalau mau jujur, sebenarnya semua mie instan itu biasa-biasa saja. Tidak ada yang bisa terlalu dibanggakan, karena sebenarnya cuma mie biasa saja dan tidak lebih. Benar, cuma mie saja dan hanya mie, tidak ada tambahan apa-apa di dalam bungkusannya.

Kalau pun ada, cuma gambarnya saja yang dibuat menarik selera. Coba perhatikan, semua mie instan yang dijual itu dikemas dengan bungkus bergambar mie matang yang sudah disajikan. Gambarnya sangat menarik selera tetapi sekaligus juga bisa menipu. Seolah-olah isinya sudah dilengkapi dengan aneka asesorisnya, seperti telur, daging ayam, sayuran, daun bawang, irisan sosis, irisan jeruk nipis, irisan tomat, lengkap dengan efek asap yang masih mengepul.

Yang hebat adalah tukang potret dan desainer gambarnya. Sebab karyanya bisa membuat kita semua membayangkan bahwa seolah-olah seperti itulah isi kemasannya.

Padahal kalau kita buka kemasannya, semua bahan tambahan itu tidak pernah ada. Yang ada cuma mie yang dikeringkan, ditambah bumbu instan, minyak dan sambal bubuk. Untuk memasaknya cukup dengan direbus dengan air lalu semua bumbunya dicemplungkan apa adanya dan selesai sudah. Kalau bisa dicemplungkan telur ke dalamnya, rasanya sudah sangat mewah. Tetapi telurnya beli sendiri dan tidak ada di dalam kemasan.

Tidak ada tambahan bahan-bahan seperti yang ada di gambar kemasan. Bahkan seumur-umur saya malah belum pernah makan mie instan yang dimasak persis seperti yang digambar kemasannya, baik yang dibikin oleh istri saya atau oleh pihak-pihak yang 'pro' yaitu warung mie instan sekalipun.

Hasil penelurusan ke berbagai warung mie instan yang banyak di perempatan jalanan, saya belum pernah juga menemukan kreatifitas warung mie instan yang memasak dan menyajikan mie instan itu dalam bentuk seperti yang ada di gambar kemasannya.

So, gambar kemasan itu nyaris tidak pernah terwujud, tidak pernah eksis dan tidak pernah ada. Karena bahan-bahannya memang tidak pernah dilengkapi dalam kemasan. Kalau pun mau, ya kita harus cari sendiri bahan-bahan pelengkapnya. Tetapi semua kita sudah tahu hal itu, sehingga tidak pernah komplain juga.

Mie Instan Kaya Rasa

Setiap kemasan mie instan itu punya rasa yang berbeda-beda. Ada banyak pilihan rasa yang ditawarkan. Ada rasa soto ayam, rasa daging rendang, rasa bakso, rasa ayam panggang, rasa cabe ijo, rasa mie celor, dan sejuta rasa lainnya.

Tetapi sayang sekali, semua rasa itu hanya rasa di lidah saja. Karena semua produk mie instan memang hanya menggunakan perasa atau perisa buatan saja.

Ketika saya diminta suatu hari mengisi pengajian berbuka puasa di salah satu pabrik perisa, para jamaah yang kebanyakan adalah karyawan pabrik itu bilang bahwa hampir semua produk makanan kemasan bahkan termasuk pembersih yang menggunakan perisa produk mereka.

Kalau ada sabun beraroma khas bunga tertentu misalnya, maka yang dipakai adalah perisa atau essence. Dan semua mie instan yang beredar di pasaran dengan aneka rasa, pasti menggunakan essence produk mereka.

Maka meski mie instan yang kita makan itu rasa daging sapi, tetapi kita tidak pernah memakan dagingnya, karena dagingnya tidak pernah ada, yang ada cuma rasanya. Mie instan rasa rendang itu cuma rasa, daging rendangnya tidak pernah ada sama sekali. Mie instan rasa ayam panggang itu cuma rasa, ayam panggangnya entah kemana.

Ulama Mie Intstan

Kasus ketiadaan wujud daging rendang dan ayam panggang kecuali hanya rasanya pada mie instan ini mirip sekali dengan keberadaan ulama di negeri kita. Kalau sekedar tokoh yang punya rasa ulama sih banyak, dimana-mana kita temukan. Tetapi yang benar-benar merupakan sosok ulama dengan segala syarat dan kedalaman ilmunya masih jarang-jarang kita temukan.

Kalau sekedar tokoh yang rajin berpenampilan dimirip-miripkan dengan ulama, atau bergaya bicara seperti ulama, atau  yang sok mengaku-ngaku ulama, nyaris setiap hari kita lihat gambarnya di sudut-sudut jalanan. Kadang dengan beraninya tanpa malu mereka bikin lembaga yang namanya pakai embel-embel 'ulama'.

Tetapi kalau dikritisi sekali lagi, ternyata semua itu cuma sebatas rasanya saja, rasanya rasa-rasa ulama, tetapi terus terang isinya sama sekali bukan ulama. Sebatas gambarnya saja yang mirip ulama, tetapi isi kemasannya sama sekali bukan ulama. Bahkan jauh sekali dari ulama.

Kenapa Tidak Termasuk Ulama?

Karena untuk menjadi ulama itu sangat berat syaratnya. Selain harus mengerti Al-Quran dan semua cabang ilmunya termasuk ilmu tafsir, para ulama juga harus banyak mengenal hadits dan semua cabang ilmunya. Bahkan Imam Ahmad bin Hanbal mengatakan bahwa setidaknya mujtahid itu menghafal 500 ribu hadits dulu sebelum berfatwa.

Al-Imam Asy-syafi'i meski lahir di Arab, namun masa kecilnya dihabiskan di Bani Huzail untuk mempertajam kemampuan bahasa dansastra Arab. Sebab kedua sumber syariat Islam yaitu Al-Quran dan As-Sunnah berbahasa Arab. Tidak cukup sekedar belajar bahasa Arab empat semester saja, tetapi harus menguasai ribuan bait syiir bangsa Arab.

Dan satu yang paling menjadi dasar kenapa sulit sekali menjadi ulama dan mujtahid, yaitu ketika Ibnu Al-Qayyim dalam I'lam Al-Muqaqqi'in menuliskan bahwa hanya sekitar 120 orang shahabat saja yang mujtahid dalam arti yang sesungguhnya.

Padahal kita tahu bahwa di dalam hadits nabi disebutkan jumlah shahabat nabi tidak kurang dari 124 ribu orang. Tidak mentang-mentang orang Arab, tidak mentang-mentang bisa bahasa Arab, tidak mentang-mentang pernah bertemu langsung dengan Rasulullah SAW, tidak mentang-mentang tinggal di Madinah bersama beliau SAW, lantas dia ujug-ujung menjadi mujtahid.

Tidak mentang-mentang suatu hadits itu shahih, lantas langsung bisa ditarik kesimpulan. Sebab sumber hadits shahih itu adalah shahabat nabi. Lha wong shahabat itu sendiri bukan mujtahid, beliau mungkin llihat, mungkin dengar, mungkin tahu kejadiannya. Tetapi bagaimana kesimpulan hukumnya dan bagaimana menarik kaidah istimbath hukumnya, lain cerita lagi.

Buktinya banyak sekali ijtihad keliru yang dilakukan oleh mereka yang berstatus shahabat nabi. Salah satunya ketika ada seorang shahabat ketahuan berguling-guling telanjang bulat di pasir. Ketika ditanya kenapa, jawabannya karena dia mau mandi janabah tapi tidak ada air. Ternyata dalam bayangannya, kalau mau wudhu' tidak air bisa tayammum pakai pasir, maka logikanya kalau mandi janabah tidak ada air, maka bisa mandi pakai pasir sambil bugil berguling-gulingan di atasnya. Ini bukti bahwa meski berstatus shahabat, tidak lantas dia ahli ijtihad.

Apalagi ketika ada shahabat berfatwa wajibnya mandi janabah buat orang yang kepalanya bocor berdarah. Sayang sekali ijtihadnya keliru, alih-alih suci dari hadats besar, seusai mandi janabah malah meninggal dunia. Betapa luar biasa marahnya Rasulullah SAW mendengar kabar buruk ini. Beliau sampai bilang bahwa obatnya bodoh itu bertanya. Kalau pakai bahasa kita, jangan asal njeplak dalam berfatwa. Bukan mujtahid kok sok berijtihad, sudah keliru bikin orang mati pula.

Kalau shahabat saja belum tentu mujtahid, apalagi kita. Bahasa Arab tidak paham, baca Al-Quran berantakan, Hafalnya cuma juz 30 dan bukan 30 juz. Hadits cuma hafal matannya saja, itupun cuma 40-an hadits Arabain An-Nawawiyah. Tidak kenal ulama, tidak tahu karya mereka, tidak paham ilmu ushul fiqh, qawaid fiqhiyah, ilmu mantiq, nasakh mansukh, 'aam dan khas, serta maqashid syariah.

Pendeknya ilmu kita ini cuma sebatas ilmu-ilmuan dan bukan ilmu betulan yang dimiliki oleh para ulama sungguhan. Kita ini cuma mirip ulama tetapi bukan. Cuma rasa ulama tapi bukan ulama yang sesungguhnya. Ibarat mie instan di atas, cuma kemasannya saja meriah dan menarik hati. Isinya tetap saja mie juga dan tidak lebih.

Maka kita sebagai ulama 'palsu' atau ulama 'gadungan', tentu harus tahu diri lah. Kita yang gadungan tetapi mengaku-ngaku sebagi ulama asli, kok bisa-bisanya menunjuk para ulama yang benar-benar asli sebagai gadungan? Lucu, terbalik dan sangat tidak masuk akal, bukan?

Apalagi kita yang gadungan ini pakai acara 'mengadili' para ulama yang asli, yaitu sok melakukan 'tarjih'. Pendapat para mujtahid itu meski satu dengan yang lain bisa saja berbeda, tetapi statusnya sudah selesai ditarjih oleh para pakarnya dan tidak butuh ditarjih lagi. Lagian yang mentarjih levelnya jauh lebih rendah, bahkan terlalu rendah, yaitu kita-kita ini yang jujur saja cuma sekedar ulama 'gadungan'.

Sudah lah, jangan yang bodoh-bodoh seperti kita ini belagak pintar sambil sok mentarjih pendapat para ulama. Harusnya kita malu dan tahu diri. Katakan saja dengan jujur bahwa kami ini bukan ulama, jangan tanya suatu masalah kepada kami karena kami bukan ahlinya.

Kami sekedar menyampaikan fatwa-fatwa yang telah diijtihadkan oleh para ulama yang sesungguhnya, kami hanya meriwayatkan fatwa-fatwa itu. Selebihnya, wallahu 'alm bishshawab.

Semua Tulisan Penulis :
Jualan Pepesan Kosong
29 March 2014, 03:00 | 5.068 hits
Dilemma Partai Islam di Pentas Sepuluh Pemilu
17 March 2014, 13:58 | 5.680 hits
Tidak Taqlid Kepada Ustadz, Guru Dan Kiayi
28 November 2013, 12:52 | 6.477 hits
Berpikir Out Of The Box
27 November 2013, 12:44 | 5.460 hits
Saya Tidak Minum Kopi Luwak
25 November 2013, 22:56 | 5.920 hits
English Please..!!!
23 November 2013, 21:41 | 5.593 hits
Sang Kolektor Kitab
22 November 2013, 14:58 | 5.678 hits
Taqlid Kepada Bukhari dan Muslim
17 November 2013, 15:19 | 6.442 hits
Fiqih Penelitian dan Validasi
16 November 2013, 15:27 | 5.893 hits
Tafsir Ayat Dengan Ayat : Masih Banyak Kelemahannya
11 November 2013, 15:34 | 5.363 hits
Fiqih Sosial
10 November 2013, 15:41 | 4.789 hits
Ahli Fiqih
28 October 2013, 15:51 | 4.039 hits
Orang Kafir pun Mempercayainya
25 October 2013, 15:54 | 3.925 hits
Ikut Kelompok Mana
19 September 2013, 16:05 | 4.283 hits
Salah Asuhan
18 September 2013, 15:22 | 3.565 hits
Adab Berbeda Pendapat
30 August 2013, 15:57 | 4.305 hits
Mau Muntah
3 June 2013, 05:43 | 9.341 hits
Dahsyatnya Baiat
26 May 2013, 20:02 | 7.344 hits
Musuh Yang Diciptakan
19 May 2013, 08:09 | 13.476 hits
Umar dan Daging
15 May 2013, 10:10 | 12.693 hits
Aku Berlindung Kepada Allah
14 May 2013, 10:08 | 12.439 hits
Ternyata Penjahatnya Justru Atasannya Sendiri
13 May 2013, 10:01 | 12.600 hits
Cinta Buta
13 May 2013, 08:34 | 12.842 hits
Ikut Kelompok Mana?
11 May 2013, 08:36 | 13.129 hits
Beda Tujuan Beda Kendaraan
29 April 2013, 16:01 | 8.370 hits
Absensi PNS
21 April 2013, 16:04 | 7.002 hits
Dulu Waktu Belum Ada Bendera
18 April 2013, 08:35 | 11.325 hits
UN Berantakan? Mana Mau Menterinya Mengaku Gagal dan Ikhlas Mundur
17 April 2013, 16:07 | 5.660 hits
Kok Jadi Fanatisme LIPIA? (bag. 2)
9 April 2013, 16:11 | 7.824 hits
Kok Jadi Fanatisme LIPIA? (bag. 1)
9 April 2013, 04:26 | 14.323 hits
Debat Tanpa Adab
8 April 2013, 16:15 | 7.473 hits
Yang Berguguran Sebelum Kuliah
8 April 2013, 16:14 | 6.965 hits
Yang Berguguran Setelah Kuliah
6 April 2013, 16:16 | 7.131 hits
Yang Berguguran di Jalan 'Kuliah'
6 April 2013, 12:18 | 6.081 hits
Ngebet Ingin Dakwah, Tetapi Tidak Ngebet Belajar Ilmu Syariah
6 April 2013, 10:19 | 6.970 hits
Ironis
5 April 2013, 16:22 | 6.673 hits
Harga Sebuah Kebebasan
30 March 2013, 15:52 | 6.372 hits
Belum Lima Menit Akad Ijab Kabul, Langsung Jatuhkan Talak Satu
29 March 2013, 15:57 | 7.289 hits
Membidani Kelahiran Ulama
29 March 2013, 15:55 | 6.375 hits
Printer Warna dan Pejabat
28 March 2013, 15:59 | 6.744 hits
Pemeluk Hindu di Indonesia Cuma 1,8 persen, Kok Seluruh Penduduk Ikut Libur Nyepi?
12 March 2013, 04:46 | 11.413 hits
Bangsa Kita Sudah Talak 3 Dengan Babi
11 March 2013, 16:28 | 5.654 hits
Mudahnya Memilih Khalifah
2 March 2013, 16:31 | 5.876 hits
Semangat Mencaci Lewat Komen
1 March 2013, 08:46 | 7.476 hits
Saudi Arabia : Contoh Negara Islam Belum Selesai
28 February 2013, 15:49 | 6.448 hits
Ulama Yang Bersahaja
12 February 2013, 08:49 | 7.230 hits
Kelemahan Gerakan Dakwah Yang Terabaikan
12 February 2013, 01:36 | 5.448 hits
Karakteristik Rumah Fiqih
5 February 2013, 16:39 | 5.621 hits
Taubat Sambel
2 February 2013, 16:41 | 5.496 hits
Nasib Sial : Naik Kopaja P-20 Terus Dioper
2 February 2013, 14:43 | 5.945 hits
Loyalitas Kepada Jamaah?
12 January 2013, 08:47 | 6.501 hits
Shalat Idul Adha vs Shalat Idul Fithri
26 October 2012, 03:32 | 10.384 hits
Bisakah Umat Islam Kompak Mulai Ramadhan & Lebaran?
29 June 2012, 05:31 | 9.198 hits
Gambreng : Solusi Biaya Pilkada dan Pemilu Yang Mencekik
22 June 2012, 00:00 | 8.850 hits
Halal Haramnya Musik Dalam Deretan Dalil-dalil Syar'i
12 June 2012, 00:00 | 34.047 hits
Partai Politik Sumber Korupsi
11 June 2012, 00:00 | 10.887 hits
Surga di Bawah Telapak Kaki Ibu : Hadits Palsu?
20 December 2011, 09:02 | 10.125 hits
Keranjingan Dakwah
29 November 2011, 09:03 | 8.920 hits
Dai TV Watch
26 November 2011, 08:54 | 6.498 hits
12 Perbedaan Ustadz Yang Artis dan Ustadz Beneran :
21 November 2011, 08:52 | 8.086 hits
Sayyid Utsman Mufti Betawi
8 October 2011, 07:57 | 6.712 hits
Hamil Duluan
29 August 2011, 12:54 | 16.311 hits
Kenapa Lebaran Hari Rabu?
29 August 2011, 01:32 | 10.093 hits
Bergembira Datang Ramadhan Aman Dari Neraka?
28 July 2011, 00:00 | 16.665 hits
Ramadhan Hampir Menjelang Jangan Lupa Qadha Puasa
3 July 2011, 00:00 | 9.895 hits
Membedah Gerakan Mengkafirkan Umat Islam
17 June 2011, 00:00 | 13.624 hits
Kedokteran Islam VS Barat Zaman Kejayaan Islam
11 June 2011, 00:00 | 10.711 hits
26-30 Mei : Ukur Ulang Arah Kiblat Pakai Matahari
25 May 2011, 00:00 | 12.735 hits
Shalat Khusyu` Bukan Kontemplasi
18 April 2011, 00:00 | 15.987 hits
Bikin Jama`ah Baru : Why Not?
2 April 2011, 00:00 | 12.398 hits
27 Jilid Al-Majmu` Syarah Al-Muhadzdzab
23 March 2011, 00:00 | 13.793 hits
Bom Ulil
16 March 2011, 00:00 | 14.389 hits
Makananmu Penyakitmu? No Way
11 March 2011, 00:00 | 13.533 hits
Ahmadiyah : Agama Buatan Inggris Untuk Meruntuhkan Islam
7 March 2011, 00:00 | 15.584 hits
Upss Jumlah Pelajar Kita di Iran Melebihi di Al-Azhar!!
4 March 2011, 00:00 | 18.792 hits
Ujian Nasional : Melahirkan Bangsa Tidak Jujur
27 February 2011, 00:00 | 12.446 hits
Maulid Nabi : Kenapa Nabi Muhammad SAW Orang Arab?
19 February 2011, 00:00 | 19.275 hits
Celana Jeans : Haramkah Karena Mirip Pakaian Orang Kafir?
15 February 2011, 00:00 | 20.684 hits
Kerusuhan : Yuk Evakuasi Al-Azhar ke Indonesia
3 February 2011, 00:00 | 19.636 hits
Buku Baru : Islam Liberal 101
27 January 2011, 00:00 | 17.013 hits
Istri Bukan Pembantu
20 January 2011, 00:00 | 14.954 hits
Pejabat vs Pilot Pesawat
17 January 2011, 00:00 | 14.912 hits
Film Ar-Risalah : Satu Jembatan Barat Islam
10 January 2011, 00:00 | 15.414 hits
Nonton Bola di GBK, Tidak Shalat Maghrib?
23 December 2010, 00:00 | 18.854 hits
Perayaan Tahun Baru Islam, Nasional dan Natal
8 December 2010, 00:00 | 17.523 hits
Hijrah Nabi SAW dan Negara Islam Madinah
30 November 2010, 00:00 | 19.255 hits
Qurban : Antara Ritual dengan Sosial
18 November 2010, 00:00 | 12.391 hits
Rumah Hunian dan Pendidikan Masa Depan
18 November 2010, 00:00 | 13.526 hits
Puasa Arafah Ikut Saudi?
15 November 2010, 00:00 | 20.934 hits
Sultan Maridjan
29 October 2010, 00:00 | 17.862 hits
Kegagalan Sekolah Dalam Mendidik (bag. 2)
20 October 2010, 00:00 | 15.953 hits
Kegagalan Sekolah Dalam Mendidik
19 October 2010, 00:00 | 16.912 hits
Sirik dan Pitnah
14 October 2010, 00:00 | 17.512 hits
Penjual Stiker
21 September 2010, 00:00 | 16.926 hits
52 Trilyun Biaya Untuk Lebaran : Syar`ikah?
20 September 2010, 00:00 | 19.038 hits
Ketika WTC Runtuh (9 Tahun Kemudian)
11 September 2010, 00:00 | 17.750 hits
Situs Hadits Onlinet : Teks Arab Plus Terjemah dan Search Engine
11 September 2010, 00:00 | 22.904 hits
Perbedaan Zakat Infaq dan Sedekah
8 September 2010, 00:00 | 21.562 hits
Sudah Shalat Ied Hari Jumat, Apa Masih Wajib Shalat Jumat?
7 September 2010, 00:00 | 21.639 hits
Muhammad Al-Fatih Sang Penakluk Konstantinopel 1453
29 August 2010, 00:00 | 27.449 hits
Ramadhan dan TV
15 August 2010, 00:00 | 21.291 hits
Amerika : Negeri Muslim Yang Dimurtadkan (bag. 3)
7 August 2010, 00:00 | 24.138 hits
Amerika : Negeri Muslim Yang Dimurtadkan (bag. 2)
6 August 2010, 00:00 | 20.738 hits
Saatnya Mengubah Sistem Kepemimpinan
5 July 2010, 00:00 | 17.307 hits
Kunjungan ke Universitas Islam Antar Bangsa (IIUM)
22 June 2010, 00:00 | 25.467 hits
Saung Istiqamah KBRI Singapore : Fiqih Minoritas
20 June 2010, 00:00 | 20.129 hits
Mau Dirikan Khilafah? Mulailah Dari Sekarang
8 June 2010, 00:00 | 18.506 hits
Kuliah di LIPIA
6 June 2010, 00:00 | 33.120 hits
Israel vs Umat Islam
5 June 2010, 00:00 | 19.478 hits
Melawan Amerika Ala Jepang
13 March 2010, 00:00 | 18.574 hits
Ensiklopedi Fiqih Online Berbahasa Indonesia
9 March 2010, 00:00 | 25.063 hits
45 Jilid Ensiklopedi Fiqih Terlengkap
4 March 2010, 00:00 | 28.963 hits
Printing On Demand (Mencetak Buku Sebiji)
28 February 2010, 00:00 | 29.863 hits
Hukum Lelang
20 February 2010, 00:00 | 19.626 hits
Nikah Siri : Solusi Atau Intimidasi?
18 February 2010, 00:00 | 26.160 hits
Wakaf Buku Fiqih Mawaris, Mau?
13 February 2010, 00:00 | 21.543 hits
Dengar Ceramah HAMKA di Youtube
12 February 2010, 00:00 | 22.097 hits
Kitab Online Hasil Scan = Bajakan?
10 February 2010, 00:00 | 28.240 hits
Pelatihan Dasar Faraidh (PDF) di DU CENTER
22 January 2010, 00:00 | 18.876 hits
Tabel Waris,  Materi dan Buku For Free
16 January 2010, 00:00 | 24.895 hits
Iblis Liberal
26 December 2009, 00:00 | 20.796 hits
Berpindah-Pindah Madzhab
7 December 2009, 00:00 | 16.840 hits
Wakaf Ilmu :Metode Mendatangkan Pahala Abadi
12 October 2009, 00:00 | 20.425 hits
Jam Gempa & Klenik Nomor Ayat Al-Quran
8 October 2009, 00:00 | 36.336 hits
Alahumma Laka Shumtu : Hadits Dhaif?
10 September 2009, 00:00 | 25.840 hits
Ramadhan dan Polisi
7 September 2009, 12:23 | 18.671 hits
Dilemma PNS Jujur
3 September 2009, 00:00 | 20.215 hits
Ramadhan : Bulan Petasan?
26 August 2009, 00:00 | 32.685 hits
Ramadhan dan Produktifitas Kerja
25 July 2009, 00:00 | 19.445 hits
Bercermin Dengan Yahudi (2)
16 June 2009, 00:00 | 17.351 hits
Bercermin Dengan Yahudi (1)
15 June 2009, 00:00 | 19.184 hits
Masuknya Islam ke Indonesia
13 June 2009, 00:00 | 31.889 hits
Buya Hamka dan KH Abdullah Syafi`i
7 June 2009, 00:00 | 25.630 hits
Daftar Tempat Ceramah
31 January 2009, 00:00 | 27.239 hits
Hukum Musik Dalam Pandangan Syariah
31 January 2009, 00:00 | 22.183 hits
Ke Al-Jazeera Channel Doha Qatar
21 September 2008, 00:00 | 25.285 hits
Qatar Selayang Pandang
20 September 2008, 00:00 | 30.373 hits
Ceramah ke Qatar
19 September 2008, 00:00 | 19.162 hits
Tunjangan Bayi Jepang 30 Juta Per Tahun Per-anak
6 May 2008, 00:00 | 15.327 hits
Mengunjungi Hiroshima (Dakwah ke Jepang bag. 5)
5 May 2008, 00:00 | 32.980 hits
Jadwal Ceramah (Dakwah ke Jepang bag. 4)
4 May 2008, 00:00 | 24.878 hits
Masjid Kobe (Dakwah ke Jepang bag. 3)
3 May 2008, 00:00 | 15.659 hits
Islam dan Jepang ((Dakwah ke Jepang bag. 2)
2 May 2008, 00:00 | 21.597 hits
Dakwah ke Jepang (bag. 1)
1 May 2008, 00:00 | 13.557 hits
Haji Basir (bag. 2)
9 September 2007, 00:00 | 10.846 hits
Haji Basir
9 June 2007, 00:00 | 15.857 hits
Lahir di Mesir
8 June 2007, 00:00 | 17.928 hits